Entrepreneur Sukses
Eko Pramana Putra: Bisnis dan pendamping agar bisa lebih bermanfaat bagi sesama
Super Admin, 17-05-2018 11:27:22 - Profil
Adapun motivasi eko menjalankan bisnis adalah agar kehidupan lebih sejahtera, memiliki usaha yang mampu diwariskan serta bermanfaat banyak bagi sesama.

Eko, demikian teman-temanya memanggil anak muda kelahiran Sukabumi, pemuda yang tidak hanya memikirkan bisnis saja, tetapi juga menjadi seorang pendamping bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di kota kelahirannya. Sudah banyak aktivitas yang dijalankannya dengan membagikan ilmu dan pengalaman serta membuka akses bagi UMKM kepada lembaga keuangan, perijinan sampai dengan pasar.



Saat ini, eko menjalankan bisnis dengan nama ChiwuINdONEsia yang merupakan usaha minuman siap saji sari tebu murni dengan brand (chiwu sari tebu murni) mulai tahun 2014. Selain itu, menerima pemesanan  catering untuk acara hajatan, gathering sampai dengan rapat dinas dengan brand (Catering Sukabumi) mulai tahun 2015. Yang terakhir adalah membuka kelas-kelas bisnis bersifat mentoring mengenai bisnis online dengan Brand (Chiwu Production House) Mulai usaha tahun 2017



Adapun  motivasi eko menjalankan bisnis adalah agar kehidupan lebih sejahtera, memiliki usaha yang mampu diwariskan serta bermanfaat banyak bagi sesama. “Saya ingin memberikan manfaat kepada banyak orang selama hidup di dunia ini” kata Eko. Kedepannya, eko memiliki impian untuk membuka bisnis dibidang pertanian & ternak



Salah satu pelajaran yang akan diberikan kepada para UMKM dalam berbisnis adalah pengalaman dalam bisnis, khususnya pengalaman yang berhubungan dengan kegagalan dalam bisnis tersebut.  Ada beberapa pengalaman bisnisnya yaitu kebakaran lahan tebu seluas 1 ha dalam satu malam sebagai bahan baku utama usaha Chiwu Sari Tebu Murni. Selain itu, investor minta dananya dikembalikan sebelum masa kontrak habis. “pengalaman kegagalan ini harus bisa memberikan pelajaran bagi UMKM” tambah Eko.



Adapun alasan eko menjadi pendamping adalah bagaimana bisa berbagi pengalama serta ilmu dan lebih dari itu untuk melatih diri agar bisa lebih bermanfaat bagi sesama. “Dengan berbagi, maka akan banyak manfaat dirasakan oleh para UMKM” kata Eko.



Eko juga akan membagikan tips berbisnis yaitu jujur & berintegritas, memiliki tujuan yang jelas, dan mulai dengan niat yang lebih luas artinya bisnis kita mesti jauh lebih bermanfaat bagi sesama. Selain itu, eko akan fokus mendorong pelaku UMKM untuk mengutamakan kejujuran dan kemanfaatan karena ini sejalan dengan nilai utama  yang dianutnya dalam menjalankan bisnis.



Bagi sahabat yang ingin menghubungi Eko, dapat datang langsung ke Perum Baros Kencana Jln.Safir 21 No.199 Rt.04/11 Kel/Kec.Baros Kota Sukabumi atau kontak ke nomor 0823 1090 8665.

Redaktur/Editor:Tim STRABIZ Management Consultant
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*