Business Today
Bisnis Pensiunpreneur dan Value Creation
Super Admin, 15-01-2018 08:25:31 - Strategi
Setiap pensiunpreneur diharapkan memiliki kerangka berfikir yang sangat strategis.

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini adalah kemiskinan dan rendahnya kualitas pendidikan masyarakat. tingkat kemiskinan dinegara ini masih tinggi apalagi saat ini, harga beras juga naik. Bahkan operasi pasar sudah dimulai pemerintah untuk bisa membantu masyarakat mendapatkan beras. Di beberapa daerah, operasi pasar menjual beras lansung diserbu oleh masyarakat yang membutuhkan beras.



Sebagai seorang pensiunpreneur, tentu ada pelajaran yang sangat berharga yang dapat diambil dalam kerangka bagaimana pensiunpreneur bisa membuat bisnis memiliki daya saing dan berkinerja optimal dalam kerangka mencapai tujuan berupa profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.



Oleh karena itu, setiap pensiunpreneur diharapkan memiliki kerangka berfikir yang sangat strategis. Pertama, mengembangkan mindset berupa visi dalam diri bahwa bisnis tersebut tidak hanya untuk diri sendiri. Bisnis yang dikembangkan oleh pensiunpreneur juga memberikan manfaat bagi orang lain selian diri sendiri.



Kedua, memahami kerangka bisnis sebagai pencipta nilai (value creation) dan bukan hanya sebagai create money dalam konteks profit. Hal ini penting bagi para pensiunpeneur karena tentunya para pensiunpreneur dapat melihat apa yang dikerjakan oleh perusahaan tempat mereka bekerja dulu yaitu program Corporate Social Responsibility (CSR). Hal ini salah satu bentuk dari value creation yang dihasilkan oleh para pensiunpreneur.   



Ketiga, memperkuat manajemen bisnis karena ini akan dapat membuat kualitas bisnis menjadi baik. satu hal yang paling menentukan bisnis para pensiunpreneur adalah karyawan dan inilah nilai yang juga relevan dengan bisnis para pensiunpreneur. Karyawan perlu mendapatkan nilai yang terbaik dari pensiunpreneur karena merekalah yang menjadi penerima nilai pertama dari keberadaan pensiunpreneur.



Keempat, nilai bagi konsumen adalah tujuan bisnis para pensiunpreneur. Berikan produk dan layanan yang berkualitas baik sehingga konsumen merasakan manfaat yang optimal dari keberadaan bisnis para pensiunpreneur. Konsumen itu adalah pihak yang sangat menentukan apakah keberadaan bisnis benar-benar ada.



Kelima, nilai bagi pemegang saham atau pemilik perusahaan. hal ini penting bagi bisnis untuk bisa memberikan value yang berkelanjutan dimana modal terus bisa ditambah oleh para pemilik bisnis yang notabene para pensiunpreneur itu sendiri. Keenam, nilai bagi keluarga karena mereka adalah pihak yang paling dekat dengan pensiunpreneur. Yang terakhir adalah nilai bagi pensiunpeneur itu sendiri.



Inilah pelajaran yang dapat diambil tingkat kemiskinan di negara ini dimana kalau bisnis parapensiunpreneur dapat berkinerja baik danbisa tumbuh dalam jangka panjang, maka tingkat kemiskinan dapat berkurang mulai dari diri sendiri,para pensiunpreneur, lalu keluarganya, karyawannya, konsumennya sampai masyarakat. bagaimana dengan anda? Hmmmm.

Redaktur/Editor:tim STRABIZ Management Consultant
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*