BELBIZ
Bersinergi Dengan Program CSR atau PKBL ? Kenapa Tidak
Super Admin, 14-01-2018 06:15:04 - Tips dan Trick
Kita tidak bisa hanya memberikan pelatihan saja tanpa memberikan contoh, beberapa debitur bjb telah kami bina dengan sangat baik dan membuahkan hasil positif, dimana mereka nyata sekali bisa naik kela

Dalam Belbiz di radio Klite 107.1 FM Bandung edisi 12 Januari 2018 ini tentunya banyak sekali pembahasan menarik, terutama terkait UMKM naik kelas. Menurut Meriza Hendri, UMKM Naik kelas itu banyak sekali jenisnya, tidak hanya profit yang meningkat, namun perubahan mindset ke arah yang lebih baikpun merupakan  indicator dari UMKM Naik Kelas.



Pada kesempatan kali ini, Belbiz kedatangan tamu dari bank bjb yaitu Gerry Achmad Sam bastaman atau yang akrab di sapa kang Gerry. Beberapa waktu lalu ia telah mengadakan event tahunan yaitu malam anugrah debitur teladan 2018. Yang mana para debitur teladan ini merupakan para UMKM yang telah dibina oleh bank bjb melalui program PESAT (Pembangunan Masyarakat Terpadu).



Kang Gerry menjelaskan bahwa bank bjb selain memberikan pelayanan kredit KCR dn kredit lainya, mereka juga memberikan pelatihan yang sebenarnya lebih dibutuhkan oleh para UMKM untuk bisa naik kelas. Tidak hanya para debitur yang bisa menikmati fasilitas pelatihan ini, masyarakat umumpun bisa mengikuto pelatihan yang di adakan oleh bank bjb.



Meriza Hendri mengatakan bahwa pelatihan yang diberikan oleh bank bjb merupakan modal besar yang wajib dimanfaatkan oleh para UMKM yang ingin naik kelas. “Social Capital , tentunya ini hal yang sangat menarik, dimana modal yang tidak berupa harta atau uang, namun memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan seorang entrepreneur, dan tentunya mereka harus bisa memanfaatkan modal social yang ada untuk bisa maju, dan perlu di ingat kata kuncinya adalah UMKM wajib hukumnya untuk naik kelas,” kata Meriza.



Dijelaskan lebih lanjut oleh kang Gerry bahwa bank bjb setiap tahunnya telah membina lebih dari 1.000 UMKM untuk bisa naik kelas. Melalui seleksi ketat munculah para UMKM pilihan yang bisa menjadi teladan bagi para UMKM lainya.



“Kita tidak bisa hanya memberikan pelatihan saja tanpa memberikan contoh, beberapa debitur bjb telah kami bina dengan sangat baik dan membuahkan hasil positif, dimana mereka nyata sekali bisa naik kelas dalam segala aspek, dan tenunya itu bisa berhasil asalkan mereka mau untuk mempraktekan segala jenis ilmu bisnis bagi bisnis mereka,” kata Kang Gerry



Tentunya semua kembali pada mindset para UMKM itu sendiri, apakah mereka mau naik kelas atau mereka hanya puas di kelasnya sendiri dan tidak memiliki motivasi untuk naik kelas. Pastinya setiap UMKM ingin naik kelas, jika begitu maka mereka harus bisa memanfaatkan semua peluang yang untuk bisa menumbuh kembangkan bisnis mereka lebih baik lagi

Reporter:ASN
Redaktur/Editor:Adam Setia Nugraha
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*