Business Today
Pensiunpreneur dan Semangat Nasionalisme
Super Admin, 12-01-2018 08:57:30 - Strategi
Sebagai seorang pensiunpreneur, pelajaranyang sangat berharga adalah bagaimana seorang pensiunpreneur itu harus memiliki semangat nasionalisme yang tinggi sehubungan dengan negara kesatuan Republik In

Ada satu fenomena yang membuat banyak orang bertanya-tanya yaitu bagaimana seorang menteri bisa meminta menteri lain untuk menghentikan penenggelaman kapal-kapal yang sudah mencuri ikan di perarian Indonesia. Kapal-kapal yang sudah ditenggelamkan sudah berjumlah lebih dari 360 an dan dampaknya adalahmemberikan efek jera kepada nelayan-nelayan asing yangmencuri diperairan nasional. Hanya saja, permintaan penghentian penenggelaman kapal ini menjadi banyak pertanyaan dari masyarakat karena berhubungan dengan kedaulatan negara dan berdasarkan kepada Undang-Undang yang berlaku.



Sebagai seorang pensiunpreneur, pelajaranyang sangat berharga adalah bagaimana seorang pensiunpreneur itu harus memiliki semangat nasionalisme yang tinggi sehubungan dengan negara kesatuan Republik Indonesia. Saat ini, yang menjadi salah pejuang bangsa adalah para pengusaha yang nota bene para pensiunpreneur adalah bagian dari pengusaha tersebut.



Oleh karena itu, para pensiunpreneur perlu memiliki mindset bahwa mereka adalah pejuang bangsa ini yang bertanggungjawab kepada kesatuan Negara Republik Indonesia. Lihat saja, bagaimana peran pensiunpreneur yang dapat membuka lapangan pekerjaan dan bahkan memberikan value kepada negara dalam bentuk pajak. Kedua, pensiunpreneur kudu bisa menjaga kelestarian alam yang sudah diciptakan oleh Allah SWT. Jangan rusak alam ini dan bahkan diperjuangkan agar orang lain juga tidak merusak alam.



Ketiga, pensiunpreneur kudu bisa memahami peraturan yang berlaku di negaraini. Kehidupan akan teratur ketika bisa mengikuti peraturan yang ada dinegara. Peraturan akan mengarahkan setiap pensiunpreneur untuk tidak melanggar tatanan negara. Bahkan bisa meningkatkan value bisnisnya dengan mematuhi peraturan.



Keempat, seorang pensiunpreneur itu harus tegas dan memiliki leadership yang tinggi. Hal ini akan bisa menunjukkan value dari para pensiunpreneur. Yang kelima, pensiunpreneur harus memiliki personal value yang kuat dimana mereka menunjukkan nasionalisme yang tinggi dan menjaga nama baik mereka masing-masing karena orang lain akan menilai kualitas diri dan akan citra diri di benak masing-masing stakeholders.



Keenam, konsistensi dalam bersikap karena inilah yang akan dilihat banyak orang bagaimana tidak berubah ditengah perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat. Ketujuh, menjaga integritas setiap pensiunpreneur yaitu kesesuaian antara ucapan dengan tindakan karena inilah yang akan dilihat oleh banyak orang. Seringkali orang kurang memperhatikan integritas ini karena dianggap biasa saja, akan tetapi, tahukah pensiunpreneur, superior value dari pensiunpreneur itu adalah berasal dari integritas.



Inilah pelajaran penting dan yang perlu dilakukan oleh para pensiunpreneur dari kejadian yang sedang terjadi di pemerintahan. Bagaimana dengan anda? Hmmmm..

Redaktur/Editor:tim STRABIZ Management Consultant
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*