Pensiunpreneur Siapa Takut?
Pensiunpreneur Membangun Visi Bersama
Super Admin, 09-01-2018 08:39:53 - Rubrik
dasar yang dipegang adalah sejauh mana visi bisa memberikan manfaat kepada masing-masing pihak yang terlibat dalam kerjasama tersebut. Disinilah kebersamaan dalam menentukan visi bersama. Itu yang per

Kemaren saya memimpin rapat tim Sinergitas ABCGM untuk UMKM Jawa Barat yang berasal dari kelompok akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media. Luar biasa rapat kemaren dan memberikan pelajaran penting.



Apa itu? Bagaimana pentingnya kerjasama antara berbagai lembaga dan institusi harus didasari oleh visi bersama yang harus diketahui, dipahami, dihayati dan dijalankan bersama-sama. Kenapa demikian pentingnya pelajaran ini bagi saya dan pensiunpreneur lainnya?



Dalam konteks bisnis yang digambarkan oleh McKinsey bahwa ada shared values yang menjadi salah satu S dari 7S yang harus dimiliki dalam konteks strategic management jelas tergambarkan bahwa pensiunpreneur harus bisa memiliki shared values sebagai inti dari kerjasama yang akan sukses.



Tidak bisa dengan hanya mengandalkan fasilitas, sumber daya uang, manusia, material, mesin, uang dan lain-lain karena yang menjadi engagement dalam kerjasama antara manusia di satu perusahaan adalah shared values yang dipegang oleh masing-masing orang didalamnya sehingga ini harus menjadi perhatian.



Key success factors untuk menjalin kerjasama ini adalah sudah sejauh mana shared values tersebut diketahui, dipahami, dihayati serta dijalankan secara bersama-sama.  Hal ini terasa dalam kerjasama antara akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media.



Kemaren pagi sampai siang, dalam rapat tersebut sangat saya tekankan bagaimana membangun visi yang sama atas project yang akan dilakukan. visi yang berisikan impian bersama sehingga diketahui mau kemana kerjasama ini akan dijalankan. Tidak ada alasan untuk tidak mengetahui satu sama lain.



Oleh karena itu, dasar yang dipegang adalah sejauh mana visi bisa memberikan manfaat kepada masing-masing pihak yang terlibat dalam kerjasama tersebut. Disinilah kebersamaan dalam menentukan visi bersama. Itu yang pertama.



Yang kedua adalah bagaimana setiap pihak yang ada dalam kerjasama tersebut memiliki pemahaman yang sama atas visi bersama. Perlu mempelajari kedalaman akan visi tersebut. diskusi panjang kemaren memberikan kesempatan masing-masing pihak untuk mendalami makna dari visi yang hendak dicapai.



Ketiga, bersama-sama mencapai visi tersebut. Setiap pihak harus berkontribusi kedalam pencapaian visi bersama karena struktur yang ada alam kerjasama memberikan tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan bersama-sama.



Inilah dasar yang penting dimiliki oleh setiap entrepreneur dalam membangun kerjasama. Miliki visi bersama, lalu, ketahui, pahami, hayati dan juga capai bersama-sama. Sukses buat kita semua.....

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*