Business Today
Pensiunpreneur Wajib Belajar Strategi Bisnis
Super Admin, 07-01-2018 05:44:29 - Strategi
menyadari bahwa lingkungan bisnis itu selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi

Saat ini, tidak berhenti media memberitaka tentang berbagai hal yang berhubungan dengan pemilihan kepala daerah, baik ditingkat provinsi ataupun ditingkat kotamadya dan kabupaten. Yang paling terlihat adalah bagaimana partai-partai yang saat ini diakui oleh pemerintah secara hukum menawarkan kader-kader terbaik untuk dicalonkan agar bisa mencapai tujuan menjadi pemimpin di daerah, baik tingkat provinsi ataupun tingkat kotamadya/kabupaten. Akan tetapi, perubahan lingkungan, menuntut pengurus partai untuk bisa memilih strategi terbaik.



Sebagai seorang pensiunpreneur, tentu ada pelajaran yang sangat berharga yang dapat diambil dalam kerangka bisnis yang sedang dijalankan oleh para pensiunpreneur agar tetap mencapai tujuan bisnis. harus diakui bahwa seorang pensiunpreneur bisa dianggap memiliki sebuah organisasi yang bertujuan untuk mencapai tujuan ditengah lingkungan yang berubah. 



Oleh karena itu, seorang pensiunpreneur perlu melakukan beberapa hal yaitu, pertama, menyadari bahwa lingkungan bisnis itu selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Hal ini adalah suatu yang pasti dalam bisnis para pensiunpreneur.



Kedua, dampaknya adalah bisa menjadi kekuatan, kelemahan dan peluang serta ancaman. Keempat kondisi ini pasti terjadi dan sejatinya, seorang pensiunpreneur itu harus bisa mengoptimasi kekuatan dan meminimalisir kelemahan serta optimasi peluang dan meminimalisir ancaman. Ketika, pensiunpreneur harus fokus kepada tujuan yang hendak dicapai yaitu profit, people, planet, sustainability, serta tumbuh dan berkembang. Itulah tujuan yang harus dipahami oleh para pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis dan bahkan harus menjadi sesuatu yang ada dibenak mereka.  



Keempat, pensiunpreneur perlu menerapkan strategi untuk tetap mencapai tujuan bisnis ditengah perubahan lingkungan bisnis. strategi itu adalah pilihan terbaik yang harus diambil para pensiunpreneur untuk mencapai tujuan. Disinilah perlunya pensiunpreneur memiliki ilmu strategic management dalam menjalankan bisnis.



Kelima, pensiunpreneur harus membuat program, budget dan SOP. Strategi tidak akan bisa jalan kalau tidak ada program, anggaran dan SOP yang menjadi standar pensiunpreneur dalam menjalankan program.



Keenam, menjalankan strategi bisnis yang sudah diterapkan. Inilah salah satu aspek kritis pensiunpreneur dalam mejalankan stategi. Ketujuh, melakukan evaluasi dan kontrol atas strategi yang sudah dipilih dan dijalankan oleh para pensiunpreneur dengan menganalisis lingkungan bisnis, strategi dan juga implementasi dari strategi tersebut agar bisa dilakukan perbaikan.



Inilah pelajaran yang sangat berharga dari perubahan kondisi politik dalam negeri saat ini dan sudahkah pensiunpreneur menerapkan strategi dalam bisnisnya? Hmmmmmm………



 

Penulis:Redaksi
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*