Business Today
Keberanian Karyawan Meninggalkan Comfort zone dan Menjadi Pensiunpreneur
Super Admin, 06-01-2018 06:10:05 - Strategi
Hal yang perlu menjadi catatan pertama adalah bicara keputusan para karyawan meninggalkan comfort zone

Ada satu fenomena yang menarik ketika mendengar ada komunitas X Bank di Kota Bandung dan sempat berdiskusi tentang komunitas ini dimana mereka adalah mantan karyawan bank yang memilih untuk meninggalkan zona nyaman sebagai karyawan perbankan. Komunitas ini tidak hanya di Bandung, tetapi sudah di Indonesia dan jumlah anggotanya semakin bertambah setiap hari dengan pilihan meninggalkan perbankan tempat mereka bekerja.



Sebagai seorang calon pensiunpreneur ataupun sudah menjadi entrepreneur, tentu hal ini memberikan pelajaran yang sangat berharga dimana bisa jadi kondisi ini juga akan dialami oleh para calon pensiunpreneur atau bahkan sudah dialami, tetapi, hanya berbeda kondisi saja karena berhubungan dengan dimensi waktu, dimensi perusahaan dan dimensi tempat yang berbeda. Tentu sangat berharga bagi para calon pensiunpreneur dan pensiunpreneur itu sendiri.



Hal yang perlu menjadi catatan pertama adalah bicara keputusan para karyawan meninggalkan comfort zone yang sudah mereka dapatkan di tempat kerja. Keberaian untuk memutskan berhenti dari tempat kerja adalah penting bagi setiap calon pensiunpreneur. Akan tetapi, tentu bukan keputusan biasa saja. Kedua adalah bagaimana mereka memiliki sebuah value dalam membuat keputusan. Value itu harus didefinisikan dnegan baik dan disesuaikan dengan diri sendiri.misal tidak mau berhubungan dengan riba, ingin bebas dan lain-lain.



Ketiga adalah bagaimana mereka mempersiapkan dengan baik masa setelah pensiun. Mereka sudah berhitung setelah memasuki masa berhenti dari perbankan. Yang keempat adalah mereka berkomunitas sesame mantan karyawan bank dan bahasannya? Berbagai hal tentang kehidupan dan relevan dengan salah satunya .. bisnis. Dengan berkomunitas, terlihat bagaimana mereka mendapatkan komunitas yang sama kepentigannya.



Kelima, terus belajar. Hal ini penting bagi calon pensiunpreneur dan pensiunpreneur karena behubungan dengan konsep bisnis dan manajemen yang harus dijalankan sendiri. Hal ini sangat berbeda dengan kondisi mereka waktu jadi karyawan. keinginan untuk belajar menjadi salah satu keunggulan para pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis. jelas sekali ini menjadi salah satu key success factor para pensiunpreneur menjalankan bisnis.



Keenam adalah terus memanfaatkan pengetahuan, pengalaman serta sikap yang didapat selama bekerja sebagai karyawan dan diimplementasikan dalam dunia bisnis. ini penting karena menjadi salah satu keunggulan mereka. Yang terakhir adalah menekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini menjadi salah satu kunci ketenangan diri mereka setelah memasuki masa pensiun dan memilih jadi pensiunpreneur. Baaimana dengan anda? Hmmmmmmm..beranilah menjadi pensiunpreneur sukses.



 

Penulis:Redaksi
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*