Belbiz On Radio
Optimasi Peluang dari Perusahaan Untuk UMKM Naik Kelas
Super Admin, 02-12-2017 19:53:36 - News Today
Meriza menjelaskan bagaimana perubahan strategis perusahaan mulai dari tujuan yang berubah

Program Belbiz pada hari Jumat, 1 Desember 2017 membahas satu tema yang sangat relevan dengan para pelaku UMKM yaitu para perusahaan yang notabene kalau ditelisik lebih dalam, dapat menjadi strategic partner bagi UMKM untuk bisa menyelesaikan sebagian besar masalah UMKM.  Narausumber acara ini adalah Meriza Hendri, Strabiz Manajemen Bandung dan Dedi Syahrudin, seorang pebisnis yang memiliki beberapa bisnis serta dua binan yaitu Hendri dan Yasmin. Tidak lupa juga Iman dari Pesantren Bisnis Indonesia dan Kujang Suryalaga yang menjadi pemandu talkshow.



Meriza menjelaskan bagaimana perubahan strategis perusahaan mulai dari tujuan yang berubah yaitu mencapai profit, people, planet serta sustainability serta growth. “Paradigma perusahaan untuk mencapai tujuan, tidak hanya profit, tetapi juga planet dan people agar bisnisnya bisa tumbuh dan berkembang dan ini jadi peluang bagi UMKM “ kata Meriza. Gambaran detail diberikan oleh Meriza tentang peran perusahaan besar saat ini bagi UMKM.



“salah satu peran perusahaan adalah menjadi strategic partners bagi UMKM dalam menjalankan bsnis selain program CSR/PKBL” tambah Meriza. Hal ini terlihat dari bagaimana gencarnya perusahaan memberikan dana dan program bagi UMKM sebagai salah satu bentuk tanggungjawab perusahaan kepada masyarakat. Tetapi, tentu juga memberikan value kepada perusahaan dalam menjalankan perusahaan mereka. 



Dedi Syahrudin menjelaskan bagaimana konsep strategic partner yang dijalankan oleh perusahaan untuk mendukung UMKM naik kelas. “Perusahaan membuat program-program yang dapat berkontribusi pada UMKM naik kelas seperti marketplace, pembiayaan sampai dengan membeli produk UMKM untuk dipasarkan” kata Dedi. 



Hendri, seorang pebisnis Aromanis yang hadir dalam program Belbiz ini juga menjelaskan bagaimana dirinya berbisnis sejak tahun 2012 membutuhkan kerjasama dengan perusahaan sebagai tempat untukmengembangkan bisnis, khususnya sebagai distribution channel. “saya membutuhkan kerjasama dengan perusahaan besar”katanya.



Yasmin, seorang pengusaha fashion yang membuat pakaian wanita dengan basic model pakaian ala Turki, menjelaskan bagaimana mengawali bisnis sampai dengan membangun bisnis dan setiap tahapan dibantu oleh perusahaan. “Sinergi dengan perusahaan menjadi penting untuk saya menjalankan bisnis”kata Yasmin. 



Iman, pengurus Pesantren Bisnis Indonesia memberikan gambaran bagaimana kegiatan komunitas ini yang juga di kawal oleh orang-orang pebisnis untuk berbagi kepada masyarakat. “Peluang dari perusahaan begitu besar dan sejatinya UMKM mau memanfaatkannya dengan baik” kata Iman

Reporter:Meriza
Redaktur/Editor:ASN
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*