Seputar Jawa Barat
Pemerintah dan UMKM Naik Kelas
Super Admin, 02-12-2017 19:45:55 - News Today
"Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk membantu UMKM Jawa Barat untuk naik kelas” kata Dudi.

Program  Belbiz, Belajar bisnis yang merupakan kerjasaman antara Radio K-Lite bersama Strabiz Manajemen Bandung menghadirkan Dudi Sudrajat, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat. Kehadiran kepala Dinas KUK ini dalam kerangka bahasan tentang bagaimana pemerintah berperan dalam upaya UMKM naik kelas (scale up). Kegiatan ini dipandu oleh Kujang suryalaga, Radio K-Lite  dan Adam Setia Nugraha dari Strabiz Manajemen Bandung.



“Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk membantu UMKM Jawa Barat untuk naik kelas” kata Dudi. Sebagai dinas yang bertanggungjawab terhadap UMKM Jawa Barat, Dudi sudah membuat program-program yang dapat berkontribusi kepada UMKM agar bisa tumbuh dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.



Hanya saja, Dudi menyadari bahwa pemerintah tidak mampu sendiri memberikansolusi terhadap permasalahan UMKM di Jawa Barat. “Perlunya sinergi dari berbagai stakeholders diJawa Barat untuk bisa membuat mereka naik kelas” kata Dudi.



“Inisiatif yang dikembangkan saat ini adalah pembentukan tim Sinergitas ABCGM untuk UMKM Jabar naik kelas” tambah Dudi. Hal ini menjadi penting karena permasalahan UMKM yang kompleks memerlukan kerjasama dari akademisi, perusahaan, komunitas bsnis,pemerintah serta media.  Sudah ada kampus-kampus seperti ITB, Unpad, Unpas, IKOPIN, Univ. Widyatama, Univ. Sanggabuana, Tel U, LP3I sampai dengan Binus yang mau menyumbangkan pemikiran untuk UMKM Jawa Barat.



Ada juga perusahaan, komunitas bisnis seperti koperasi WJS, IWAPI Jabar, IPEMI, HIPMIKIMDO, Perwira, GIMB dan lain-lain. Media terdiri dari portal www.strategidanbisnis.com , Bandung TV, Radio K-Lite, Inspira TV, Strabiz TV, MQ TV, MQ Radio, Digital Media. “Waktunya bagi UMKM di Jawa barat untuk benar-benar memanfaatkan ABCGM ini untuk bisa naik kelas dari skala mikro, kecil, menengah dan besar” kata Dudi.



Adam Setia Nugraha, dari Strabiz Manajemen Bandung memberikan gambaran bagaimana Strabiz Manajemen Bandung sebagai salah satu bisnis yang concern kepada UMKM naik kelas melalui media yang dimiliki. 

Reporter:Meriza
Redaktur/Editor:ASN
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*