Seputar Bandung
Yossi Tekankan Pentingnya Pendidikan Dasar
Super Admin, 24-11-2017 08:21:02 - News Today
Hal itu disampaikan Yossi dalam acara puncak Dies Natalis Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di halaman parkir Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Ka

Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto menekankan pentingnya pendidikan dasar dalam proses pembangunan. Bagi pria yang baru saja meraih gelar doktoralnya itu, pendidikan bukan sekadar menggugurkan kewajiban pemerintah kota, namun juga menjadi tuas untuk mendorong kemajuan peradaban.



Hal itu disampaikan Yossi dalam acara puncak Dies Natalis Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di halaman parkir Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kamis (23/11/2017).



Ia menyampaikan, Pemerintah Kota Bandung memiliki enam misi prioritas dalam menunjang kemajuan pendidikan. Pertama, menyelenggarakan pelayanan pendidikan yang merata dan berkeadilan. Kedua, mewujudkan pendidikan yang unggul dan bermutu. Ketiga, meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan yang berwawasan lingkungan.



Keempat, meningkatkan profesionalisme dan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Kelima, mengembangkan pendidikan karakter menuju masyarakat madani dan good governance melalui manajemen pendidikan yang akuntabel dan transparan. Dan terakhir, penyelenggaraan pendidikan yang dapat memenuhi kebutuhan lapangan kerja.



Guna melaksanakan keenam misi tersebut, Yossi menaruh harapan besar pada UPI selaku perguruan tinggi negeri yang fokus pada kemajuan bidang pendidikan. Selama ini, UPI selalu menjadi mitra terbaik bagi pemerintah kota dalam memajukan pendidikan di Kota Bandung.



"Pemerintah Kota Bandung memberikan apresiasi bagi UPI. Kami bangga atas kehadiran UPI yang selalu berkomitmen menyelenggarakan pendidikan yang bertaraf nasional maupun internasional," tutur Yossi.



Bicara tentang pendidikan dasar, Yossi menjelaskan bahwa rasio jumlah pendidik untuk sekolah dasar telah mendekati syarat ideal. Sejak terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2008 Tentang Guru, pemerintah telah mengatur tentang rasio perbandingan untuk pelayanan guru terhadap siswa pada satuan pendidikan. Dalam Pasal 17 telah disebutkan bahwa untuk jenjang Sekolah Dasar, perbandingan guru terhadap siswa adalah 1 : 20.



Berdasarkan data, guru Sekolah Dasar di Kota Bandung pada 2016 berjumlah 10.802 orang. Sedangkan siswanya berjumlah 231.174 orang.



"Namun Pemerintah Kota Bandung berupaya agar terus meningkatkan mutu pembangunan sektor pendidikan," lanjut Yossi.



Kepada para mahasiswa calon pendidik anak-anak sekolah dasar, Yossi berpesan agar anak-anak usia dini harus mulai diajarkan tentang wawasan lingkungan. Sebab hal itu berdampak sangat besar bagi kelestarian lingkungan.



"Peran guru SD memang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai tentang lingkungan hidup. Sehingga saya sangat berharap, para mahasiswa yang nantinya menjadi guru SD, juga dapat menanamkan pengetahuan tentang lingkungan hidup," pungkasnya.

Sumber:www.portal.bandung.go.id
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*