Rubrik Kang Deden
Negosiasi Itu Mudah
Super Admin, 13-09-2017 08:59:11 - Rubrik
Jangan pernah berfikir bahwa negosiasi itu masalah menang atau kalah. Inti dari hubungan bisnis adalah mendapatkan potensi baru.

Kebersamaan adalah permulaan. Menjaga bersama adalah kemajuan. Bekerja bersama adalah keberhasilan. – Henry Ford



Dalam sebuah kesempatan saya pernah diundang oleh calon mitra bisnis ke kantornya di Jakarta, selama ini hubungan hanya lewat media sosial saja. Tidak ada persiapan khusus yang dibawa hanya berkas-berkas pendukung saja. Karena memang pertemuannya pun informal saja. Dari beberapa kesempatan berurusan dengan negosiasi dan pertemuan bisnis akhirnya saya menarik sebuah kesimpulan bahwa negosiasi itu mudah, semudah kita berjalan, semudah kita bernafas, selama kita menghadirkan diri kita sebagai manusia apa adanya, seni komunikasi yang menghadirkan kenyamanan dan kepercayaan.



Nah beberapa tips berikut ini saya yakin bisa bermanfaat buat sahabat-sahabat semuanya, kesempatan selalu datang tidak menunggu kesiapan. Sehingga kita harus senantiasa siap menjemput kesempatan yang ada. Berikut Tips-tipsnya,



Jadilah pribadi yang menyenangkan sejak pandangan pertama. Ada pepatah super dari John Robert Power yang selalu saya ingat, ‘there’s no second chance to make first impression’ artinya kesan pertama itu sangat penting sekali. Kesan yang baik harus lahir dari hati yang baik juga, libatkan hati, jadilah diri sendiri, keluarkan sisi kebaikan kita, jaga mood dan berkomunikasilah dengan naturan, alamiah mengalir seperti halnya kita ngobrol santai dengan sahabat lama.



Saat calon mitra bisnis kita mengundang untuk bertemu artinya ada harapan yang ingin didapatkan dari hanya sekedar komunikasi lewat online. Berikan apapun yang menjadi harapannya. Kalau ingin kejelasan bisnis berikan sedetail mungkin tentang bisnis yang akan dijalankan, kalau ingin memverifikasi diri kita jadikan diri kita layak untuk dipercaya. Siapkan segala hal yang menjadi tujuan pertemuan, jadilah solver buat segala harapannya. Artinya kita  harus memiliki pengetahuan yang baik tentang bisnis yang ditawarkan, pengetahuan yang baik tentu akan menunjang komunikasi yang baik juga.



Karakter dari calon mitra bisnis juga ternyata beda-beda, ada yang senang basa basi ada yang straight to the point, ada yang serius ada juga yang humoris. Jadilah pribadi yang mampu mengelola emosi diri kita dan menyeimbangkan emosi lawan bicara. Nah kalau yang ini memang butuh skill khusus, hanya orang-orang yang mau belajar dan sering berkomunikasi yang akan lebih mudah menjalaninya. Lah.. kita dikasih potensi mulut dan hati, tinggal dilatih untuk mensinergikannya, apa jadinya tuntutan di akhirat kelak kalau potensi ini tidak kita gunakan untuk kebaikan, right.. !



Jangan membabi buta membela produk kita sebagai produk yang paling sempurna, realistis saja tapi sampaikan dengan cara yang baik, sehingga calon mitra kita akan ikut mengalir mengikuti arahan kita. Karena pada dasarnya yang dicari oleh orang itu pada ujungnya kenyamanan dan kepercayaan, Kadang beda tipis harga dan kualitas tidak masalah selama kita bisa membeli hatinya. Keunggulan produk dan kelemahan produk yang disampaikan secara proporsional dan realistis tentu akan lebih dimengerti, tapi khusus untuk kelemahan produk kita sampaikan dengan cara ‘pintar’ sehingga tersampaikan lebih tersamar.



Saat ada keputusan bisnis yang belum bisa diambil keputusan segera jangan dipaksakan untuk diputuskan, minta waktulah agar bisa dikalkulasi lebih lanjut. Seringkali mitra bisnis yang sudah berpengalaman menciptakan peluang dengan memojokan untuk mendapatkan keputusan saat kita tidak berfikir secara rasional. Be Calm, tidak semua hal harus diputuskan saat itu juga.



The last is, jangan pernah berfikir bahwa negosiasi itu masalah menang atau kalah. Inti dari hubungan bisnis adalah mendapatkan potensi baru. Setelah semua jurus kita keluarkan dan akhirnya kita tidak mendapatkan yang kita inginkan bukan berarti habis kesempatan, setidaknya kita mendapatkan kenalan baru. Selama meninggalkan kesan yang baik, siapa tahu kesempatan itu akan datang lagi. Saya pernah dihubungi oleh calon mitra bisnis yang pernah bertemu beberapa bulan kebelakang dan ingin menindaklanjuti pertemuan terakhir. Jualan ga harus langsung closing kok, yang penting pesan tersampaikan.



Ready to action, jangan khawatir lakukan saja porsi dan tugas kita dalam berikhtiar hasilnya biarkan Allah SWT mendisainkan buat diri kita. Selamat Belajar (dedenhamdan.com)



 



Deden Hamdan



Life Is Beautiful



PIN 5FD546DE Phone 082216747522 / WA 087811048017 



madu-keluarga.com 



Sehat Sekeluarga Grup (Produsen Madu Keluarga, Mitra Sehat Keluarga Anda)

Penulis:Deden Hamdan
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*