BPOM
Informasi Penting Bagi Pelaku Usaha bebaskan Rodamin B
Super Admin, 11-09-2017 14:08:42 - News Today
Jajanan yang dijual ini setelah ditelusuri dibuat oleh beberapa pelaku usaha dari daerah Klungkung, Bangli, Gianyar, Karangasem dan Tabanan. Hal ini membuat motivasi tersendiri bagi BBPOM di Denpasar

Maraknya penggunaan Rhodamin B di Bali terlihat dari hasil pengujian makanan di pasar-pasar tradisional. Beberapa warna jajanan upakara terlihat cerah mencolok dan ternyata memang mengandung Rodamin B. Di Pasar Galiran Klungkung yang memang pusat penjualan bahan-bahan upakara/sesajen di Bali juga menunjukkan hasil pengujian jajanan yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Jajanan yang dijual ini setelah ditelusuri dibuat oleh beberapa pelaku usaha dari daerah Klungkung, Bangli, Gianyar, Karangasem dan Tabanan. Hal ini membuat motivasi tersendiri bagi BBPOM di Denpasar untuk mengambil langkah penting dalam memberantas penggunaan Rhodamin B di daerah Bali.



Dengan inisiatif yang sederhana tapi pasti, beberapa kegiatan Penyebaran Informasi telah dilakukan di Dinas Kesehatan Gianyar, Disperindag Bangli, Disperindag Tabanan, Dinas Kesehatan Badung, yang mengundang beberapa pelaku usaha pembuat jajanan upakara serta pedagang jajanan tersebut. Dan hari Rabu, 6 September 2017 dilaksanakan kembali Penyebaran Informasi terhadap pelaku usaha dan pedagang Jajanan Upakara di Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung dengan narasumber Made Ery Bahari dan Ni Putu Ekayani Scorpiasanty serta di Disperindag Denpasar dengan Narasumber Luh Putu Witariathi dan I Wayan Bagiarta Negara. Materi yang disampaikan adalah tentang Keamanan Pangan, Pengawasan yang telah dilakukan BBPOM di Denpasar dan tentang Cara Pembuatan Pangan Olahan yang Baik (CPPOB).  Acara berlangsung sangat meriah dengan harapan adanya perubahan pola pikir dan prilaku dari pelaku usaha pembuat jajanan upakara maupun pedagang atau penjualnya.

Sumber:www.pom.go.id
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*