Seputar Bandung
Kurang dari 72 Jam, Ridwan Kamil Kumpulkan Donasi Rp1 M untuk Rohingya
Super Admin, 11-09-2017 09:07:01 - News Today
“Saya berterima kasih atas respon positif yang ditunjukkan oleh warganet. Semoga dengan bantuan yang kita berikan bisa meringankan beban saudara kita yang menjadi korban targedi kemanusiaan di Rakhine

Penggalangan dana yang diinisiasi oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil mendapatkan respon yang sangat positif dari warganet. Terbukti, sejak memposting ajakan mengumpulkan donasi untuk warga muslim Rohingya, Myanmar pada Selasa (5/9/2017) pukul 17.00 WIB lalu, ribuan warganet meresponnya dengan menyebarkan maupun turut serta memberikan donasi.



Belum genap 72 jam alias tiga hari diposting, donasi yang dikumpulkan melalui laman kitabisa.com tersebut sudah mencapai 114% alias melebihi target sebesar Rp1 milyar. Hingga Kamis (7/9/2017) pukul 11.30 WIB, dana bantuan yang terkumpul mencapai Rp1.142.159.248 dengan jumlah donatur mencapai 6.965 orang. Donasi terbesar yang masuk sebesar Rp12,6 juta, sedangkan yang terkecil Rp10 ribu.



“Alhamdulillah, warganet merespon positif ajakan untuk berdonasi bagi warga muslim Rohingya. Seperti keyakinan saya di awal, nggak sampai seminggu target Rp1 milyar bisa tercapai,” ungkap Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui pada seminar hasil survey indeks kebahagiaan Kota Bandung Tahun 2017 yang berlangsung di Hotel El Royale, Jalan Merdeka, Bandung.



Menurut dia, pencapaian tersebut menunjukkan tingkat solidaritas yang tinggi dari masyarakat Indonesia terhadap korban tragedi kemanusiaan masih kuat. Karena sudah melebihi target, orang nomor satu di kota Bandung tersebut menyebutkan, ajakan donasi dipercepat menjadi hanya sampai Senin (11/9/2017) pukul 17.00 WIB.



“Rencana semula, penggalangan dana akan dilakukan dalam 25 hari. Tapi ternyata belum seminggu pun sudah melebihi target,” sambungnya.



Atas pencapaian tersebut, Emil menyampaikan terima kasih kepada warganet yang sudah turut serta memberikan donasinya.



“Saya berterima kasih atas respon positif yang ditunjukkan oleh warganet. Semoga dengan bantuan yang kita berikan bisa meringankan beban saudara kita yang menjadi korban targedi kemanusiaan di Rakhine, Myanmar,” katanya.



Seperti disampaikan sebelumnya, Emil yang kini memiliki 12 juta follower di tiga akun medsosnya mengaku terpanggil untuk menggerakan masyarakat membantu pengungsi muslim Rohingya.



“Ketika muncul tragedi tersebut, sebagai sesama muslim kita wajib membantunya, seperti tersurat dalam  surat Al-Hujuraat ayat 10 yang menyebutkan: sesungguhnya mukmin itu bersaudara,” bebernya.



Emil memilih  mengalang dana melalui kitabisa.com  karena menurutnya   lembaga  itu transparan dan kredible. ‘’Mereka selalu memberi laporan kepada setiap penyumbang melalui email, terkait kegiatan distribusi bantuan,’’ ujar dia.



Emil mengaku, dirinya tergerak menggalang dana bagi warga muslim Rohingya semata karena alasan kemanusaian. “ Bandung sebagai Ibukota Solidaritas Asia Afrika melihat tragedi tersebut, tidak bisa diam, kita  harus hadir untuk membantu mereka. ” ujar ayah dua anak  ini.



Emil berharap Pemerintah Myanmar menghentikan tindakan kekerasan terhadap warganya terutama etnis Rohingya dan para pengungsi bisa kembali ke negaranya.

Sumber:Humas Jabar
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*