Softskill
Sudah Nyamankan Follower Kita?
Super Admin, 05-09-2017 10:06:14 - Rubrik
menentuka bagaimana entrepreneur itu bisa mencapai tujuan dan mempengaruhi bawahan mereka. Semuanya harus dilihat dalam kaca mata bagaimana mereka dapat mencapai tujuan.

Sebagai seorang leader, tantangan yang paling berat adalah bagaimana membuat follower tersebut menjadi nyaman dengan apa  yang mereka lakukan dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan manajemen. Kenyamanan adalah rasa yang dimiliki oleh follower ketika mereka beraktivitas untuk mencapai tujuan. Jangan sampai mereka menjadi tidak nyaman hanya saja karena mereka tidak didukung oleh fasilitas ataupun juga oleh kebijakan serta kondisi kantor.



Hal ini sejatinya harus menjadi perhatian para entrepeneur ketika mereka menjadi seorang leader. Memang sejatinya mereka adalah seorang leader terhadap follower yang memang sangat bergantung kepada mereka dalam bekerja. Khususnya dalam pencapaian tujuan. Seorang follower sangat dipengaruhi leadership seorang entrepreneur dan kalau boleh dibilang, setiap entrepreneur harus hati-hati dalam menjalankan peran mereka sebagai seorang leader.



Ada beberapa hal yang sangat penting dipahami oleh para entrepreneur dalam konteks leader ini yaitu pertama konsep leadership. Konsep ini berhubungan dengan bagaimana kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang lain. Tentu ini akan menentuka bagaimana entrepreneur itu bisa mencapai tujuan dan mempengaruhi bawahan mereka. Semuanya harus dilihat dalam kaca mata bagaimana mereka dapat mencapai tujuan.



Pengaruh tersebut tidak hanya berdasarkan kepada perintah ataupun kondisi marah-marah, akan tetapi, bisa diciptakan dari hal-hal yang bersifat tangible dan intangible. Keduanya itu akan saling memperkuat sehingga dapat membuat pengaruh seorang leader semakin kuat dan erat. Tidak dapat dipungkiri bahwa entrepreneur itu memiliki sisi tangible dan intangible. Sisi intangible adalah bagaimana membuat follower merasa nyaman dengan kebijakan, peraturan dan bahkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana mereka bisa menjalankan pekerjaan dengan tenang.



Adapun yang berhubungan dengan tangible adalah sesuatu yang tampak dan terlihat. Hal ini dapat dilihat dari dukungan fasilitas yang diperlukan oleh follower dalam bekerja. Fasilitas kerja, baik langsung maupun tidak langsung sangat diperlukan oleh follower untuk mencapai target yang sudah ditetapkan. Jangan sampai salah melihat hal ini.



Seringkali entrepeneur terjebak kepada target, target dan target yang harus dicapai oleh para follower, akan tetapi, mereka lupa memberikan amunisi untuk mencapai target tersebut berupa fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh follower. Inilah yang harus diperhatikan entrepreneur dalam membuat nyaman para follower.



So, kalau leadership akan terus berjalan, buatlah follower atau bawahan merasa nyaman dalam bekerja dan dapat diberikan melalui hal-hal yang bersifat tangible dan intangible.

Penulis:Tim STRABIZ MANAGEMENT CONSULTING
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*