Belbiz On Radio
Distributor Dan Sistem Barang
Super Admin, 05-09-2017 10:00:31 - Rubrik
Kita perlu menganalisis posisi perusahaan kita terlebih dahulu karena berhubungan dengan bagaimana posisi produk kita dimata distributor.

Assalamualaikum wr. Wb.



Apa kabar Pak Meriza, semoga sehat dan sukses selalu. Mohon sharing pak, saya kan berbisnis fashion untuk anak-anak dan menurut Bapak, mana yang lebih baik apakah titip bayar kemudian atau lebih baik cash and carry. Terima kasih atas tanggapan yang Bapak berikan.



Wassalam



Dadan, Bandung



Waalaikumsalam wr. Wb.



Terima kasih atas tanggapan yang diberikan dalam Program Belbiz on Radio ini dan semoga bisa terus memberikan inspirasi dan pengetahuan serta keterampilan baru yang dapat dimanfaatkan untuk bisnis sahabat semua.



Bicara tentang distributor, jelas banyak hal yang perlu kita pahami, khususnya tentang payment scheme yang mereka berlakukan di perusahaan tersebut. Memang disini harus dipahami bahwa distributor adalah institusi bisnis yang orientasinya juga kepada pencapaian profit yang semaksimal mungkin agar dapat memberikan value kepada perusahaan mereka.



Bicara pembayaran yang akan dilakukan oleh distributor, jelas ada pilihan yang mereka tawarkan kepada kita yaitu bagaimana pembayaran langsung kepada entrepreneur setelah barang terjual, atau pembayaran setelah barang terjual. Ini adalah pilihan strategi dari para distributor kepada para supplier mereka, Kita perlu menganalisis posisi perusahaan kita terlebih dahulu karena berhubungan dengan bagaimana posisi produk kita dimata distributor. Kalau produk kita adalah produk yang sangat penting bagi mereka, pesaing terbatas dan bahkan tidak ada, demand yang tinggi, tentu mereka akan melakukan pembayaran ketika barang sampai di tangan mereka.



Analisis ini penting untuk mengetahui posisi setiap entrepreneur dimata distributor. Disinilah kita bisa menekan para distributor untuk membayar dimuka. Oleh karena itu, sudah menjadi tanggungjawab entrepreneur untuk bisa melakukan segmentasi produk sampai dengan target pasar, positioning dan membuat marketing mix atau bauran pemasaran mulai dari keputusan produk, harga, distribusi, promosi, layanan, orang-orang marketing dan sales sehingga konsumen mencari ke distributor tersebut.



Dengan model seperti ini, pastilah produk kita akan ditunggu oleh para distributor karena mereka akan berhitung profit yang bisa mereka dapatkan dari entrepreneur. barulah mereka akan membayar produk sebelum mereka terima dan menggambarkan bagaimana posisi setiap entrepreneur dimata distributor. Itu saja pak Dadan, semoga sukses ya…



Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, 29 Juli 2016. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.belbizonradio.com dan www.strategidanbisnis.com

Penulis:Tim STRABIZ MANAGEMENT CONSULTING
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*