Pensiunpreneur Siapa Takut?
PPST? Ide Bisnis Dan Jalan-Jalan
Super Admin, 05-09-2017 09:57:55 - Rubrik
“Pak Meriza, kalau saya beberapa kali keluar kota dan juga ke luar negeri. Apa yang bisa saya manfaatkan dari perjalankan bisnis tersebut untuk membangun diri dan bisnis yang akan saya kembangkan keti

“Pak Meriza, kalau saya beberapa kali keluar kota dan juga ke luar negeri. Apa yang bisa saya manfaatkan dari perjalankan bisnis tersebut untuk membangun diri dan bisnis yang akan saya kembangkan ketika menjadi seorang pensiunpreneur?” demikian pertanyaan dari seorang teman yang baru pulang dari perjalanan dinasnya dari Batam dan Singapura. Saya menjadi tertarik karena memang ini menjadi sebuah aktivitas rutin yang pastinya dilakukan oleh seorang karyawan dalam kerangka bisnis.



Rasanya, inilah yang menjadi salah satu sumber competitive advantage dari seorang karyawan dibandingkan dengan seorang entrepreneur yang tidak pernah bekerja di perusahaan orang lain. Para karyawan memiliki kesempatan untuk melakukan perjalankan dinas keluar negeri. Ini menjadi potensi yang bersifat intangible bagi karyawan dimana mereka mendapatkan beberapa value  untuk memulai bisnis dan bahkan mengembangkan bisnis.



Pertama, karyawan itu mendapatkan peningkatkan potensi diri, khususnya dari lingkungan bisnis. potensi yang dimaksud adalah missal mereka bertugas di pemasaran, artinya, mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan potensi diri dalam hal memasarkan produk dengan basis consumer market atau perilaku pasar yang ada di luar kota dan juga luar negeri.



Yang kedua adalah bagaimana karyawan mendapatkan pengetahuan (knowledge) baru tentang bisnis yang dilihat, dirasakan dan yang didengar serta bahkan dari taste dan smell yang berhubungan dengan bisnis kuliner. Hal ini menjadi penting bagi setiap karyawan dalam memilih dan mengembangkan bisnis nantinya. Jadi, perjalanan bisnis ke luar kota dan luar negeri bisa menjadi dasar untuk memilih bisnis dan mengembangkan bisnis.



Yang ketiga adalah bagaimana seorang karyawan mampu meningkatkan skill dalam berbisnis dimana semakin dapat meningkatkan marketing managerial skill, leadership skill, decision making and problem solving skill, communication skill dan sampai dengan motivational skill. Banyak hal yang didapat dari perjalanan bisnis tersebut.



Yang keempat adalah bagaimana karyawan dapat peningkatan attitude atau sikap dalam berbisnis dimana sikap orang luar kota dan luar negeri menjadi terlihat, khususnya bagaimana mereka melayani konsumen, tanggung jawab, positive thinking, positive feeling, positive action. Semuanya menjadi modal dalam berbisnis.



Yang terakhir, yang tidak kalah penting adalah bagaimana mendapatkan morale dari seorang pebisnis di luar negeri. Mereka yakin, disiplin dan antusias dengan bisnis yang dijalankan. Inilah yang menjadi modal bagi setiap karyawan dalam memilih dan mengembangkan bisnis ketika sudah menjadi seorang pensiunpreneur.  



So, masih takut memilih untuk jadi entrepreneur sukses? Jadikan jalan-jalan sumber ide bisnis. Ingat…….., NOW OR NEVER…..

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*