Kesehatan Tubuh
Kiat Mengolah Daging Kambing Agar Tak Picu Penyakit
Super Admin, 04-09-2017 15:07:30 - Tips dan Trick
Itu karena teknik mengolah yang demikian mengharuskan daging kambing untuk berkontak langsung dengan penyedap rasa, minyak, atau mentega.

Hari Raya Iduladha dan daging kambing adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang memilih untuk menghindari daging kambing karena alasan kesehatan. Apakah Anda salah satunya?

Tidak dimungkiri, konsumsi daging kambing memang sering dikaitkan dengan dengan beberapa jenis penyakit –misalnya hipertensi dan kolesterol tinggi. Padahal penyakit tersebut tidak disebabkan langsung oleh daging kambing, melainkan dari cara pengolahannya.



Itu karena fakta membuktikan bahwa daging kambing lebih sehat daripada daging sapi atau ayam. Dalam 100 gram daging kambing, hanya mengandung 109 kalori. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi, yaitu 250 kalori, pada porsi yang sama.



Kadar kolesterol yang terkandung dalam daging kambing pun lebih rendah. Daging kambing mengandung 57 mg kolesterol setiap 100 gram, sedangkan sapi 89 mg.



Itu artinya setiap 100 gram daging kambing mengandung tak lebih dari total lemak 2,3 gram, sementara daging sapi bisa mencapai 15 gram. Jika didasarkan penghitungan kebutuhan lemak, yaitu 2.000 kalori per hari, daging kambing hanya memenuhi sekitar 4% kebutuhan lemak.



Cara Tepat Mengolah Daging Kambing



Fenomena yang terjadi saat Iduladha, daging kambing kerap diolah menjadi campuran nasi goreng, gulai, atau sate. Cara mengolah seperti ini sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan.



Itu karena teknik mengolah yang demikian mengharuskan daging kambing untuk berkontak langsung dengan penyedap rasa, minyak, atau mentega. Alhasil, daging tersebut akan ‘dirasuki’ oleh zat-zat yang bisa menyebabkan kolesterol atau tekanan darah Anda melonjak.



Oleh karena itu, daripada menggoreng atau membakarnya, Anda disarankan untuk mengolah daging kambing dengan cara direbus atau kukus. Sebab, selain minim penyedap rasa, minyak, dan mentega, daging kambing yang diolah dengan cara direbus atau kukus biasanya tersaji bersama sayur-sayuran. Hal ini akan sangat baik bagi kesehatan Anda.



Nah, sekarang Anda sudah tahu cara mengolah daging kambing agar tidak picu penyakit. Meski daging kambing juga bermanfaat untuk kesehatan, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Karena pada dasarnya, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Selamat Hari Raya Iduladha!

Penulis:Nana Salsabilla
Redaktur/Editor:ASN
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*