Otomotif
Cara Mengatasi Pedal Gas Mobil yang Tertahan
Super Admin, 04-09-2017 11:00:12 - Tips dan Trick
Mobil pun melaju makin kencang, dan jika tak diatasi, kendaraan akan celaka dengan kecepatan relatif tinggi, meski sebenarnya rem masih berfungsi.

Banyak kejadian ketika pedal gas tertahan atau tersangkut. Mobil pun melaju makin kencang, dan jika tak diatasi, kendaraan akan celaka dengan kecepatan relatif tinggi, meski sebenarnya rem masih berfungsi.



Seperti kejadian di Missouri, Amerika Serikat, beberapa tahun lalu, ketika seorang wanita dengan KIA Sorento menyadari pedal gasnya nyangkut. Mobil melaju 193 kpj, dan tampak mengerikan. Namun untung, dia bisa mengembalikan pedal gas yang tersangkut.



Masalahnya, bagaimana jika pedal gas benar-benar tak bisa kembali dalam keadaan ngegas? Natonal Geographic memberi tayangan sekaligus memberikan pilihan, apa saja yang bisa dilakukan agar berhenti dengan aman.



Pilihan ada tiga. Menggunakan emergency brake (dalam hal ini rem tangan), atau memindahkan gigi transmisi ke posisi netral, dan opsi terakhir, mematikan mesin. Kendati demikian, ketiganya tentu harus dilakukan dengan pemahaman yang benar, karena beberapa orang akan sulit melakukannya.



Anda harus menyadari, mobil apa yang Anda kendarai. Jika bertransmisi manual, Anda bisa dengan mudah mengatasi masalah itu dengan menginjak pedal kopling. Mobil akan meraung, tapi tenaga tidak tersalurkan, dan rem bisa digunakan sambil tetap menginjak pedal kopling.



Pada transmisi otomatis, Anda harus coba memindahkan tuas transmisi ke posisi netral. Ini akan menjadi pilihan terbaik, meski apa yang dialami wanita dengan Sorento mengakui bahwa hal itu sulit untuk dilakukan, alias tuas transmisi macet.



Pilihan lain, menarik rem darurat, dan ini akan sedikit berisiko jika mobil melaju dengan kencang. Mungkin, mematikan mesin bisa menjadi opsi selanjutnya, meski setelahnya harus ada beberapa langkah seperti menetralkan gigi atau mengendalikan mobil.

Penulis:Nana Salsabilla
Redaktur/Editor:ASN
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*