Uda & Emha
Uda Emha & Kang Asep: Tujuan Bisnismu ????
Super Admin, 04-09-2017 10:18:24 - Rubrik
Ada satu hal yang menarik kang Asep dalam melihat para pensiunpreneur yaitu mereka sangat jelas dan tegas dalam membuat tujuan.

Ada satu hal yang menarik kang Asep dalam melihat para pensiunpreneur yaitu mereka sangat jelas dan tegas dalam membuat tujuan. Hanya saja, seringkali orang awam melihat ini sebagai sebuah hal yang kaku dan tidak fleksibel. Hal ini dianggap sebagai sesuatu yang unik bagi entrepreneur sehingga kang Asep bertanya kepada Uda Emha tentang hubungan antara tujuan bisnis yang jelas dengan tingkat fleksibilitas seorang entrepreneur.



Kang Asep : “Uda… saya lihat, teman-teman pensiunpreneur yang sukses tersebut mereka membuat tujuan bisnis secara jelas dan tegas serta berdimensi waktu yang panjang dimana mereka membuat tujuan jangka panjang, 10 tahun”



Uda Emha : “Iya kang. Itu adalah salah satu tugas seorang entrepreneur yaitu membuat tujuan bisnis agar bisnisnya memiliki tujuan yang spesifik, terukur, realistik, mungkin untuk dicapai serta memiliki dimensi waktu yang jelas.



Kang Asep : “tapi da.. bukannya itu membuat entrepreneur memjadi kaku? Sementara salah satu karakter mereka itu harus kreatif”



Uda Emha : “Bukan itu kesimpulannya kang.. memang ciri seorang entrepreneur itu adalah fleksible dan kreatif, tetapi, dalam konteks bisnis, tujuannya memang harus ditetapkan terlebih dahulu dengan jelas dan tegas.



Kang Asep :”Serius da?



Uda Emha : “Iya… karena kalau dilihat secara konteks, disinilah konteks manajemen yang harus diterapkan oleh seorang entrepreneur dimana tugas pertama adalah membuat perencanaan atau planning dimana salah satu isinya adalah menetapkan tujuan bisnis”



Kang Asep : “Bukankah ini akan menutup kreativitas seorang pensiunpreneur?”



Uda Emha : “Tidak kang.. disitulah korelasinya dengan entrepreneur dan manajemen dimana setelah menetapkan tujuan, seorang pensiunpreneur harus mengembangkan kreativitas mereka”



Kang Asep : “dari sisi mana da? Seorang pensiunpreneur harus mengembangkan kreativitasnya?”



Uda Emha :”Dari aspek keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia, kang. Kreativitas harus dilakukan pada aspek ini”



Kang Asep :”O begitu ya kang…jadi, tujuannya itu tidak mengurangi kreativitas pensiunpreneur”



Uda Emha : “Betul kang… jadi, kreativitas dan fleksibilitas itu bersifat taktis dengan tujuan untuk menapai tujuan bisnis”



Kang Asep : “Sip da.. bahayyyya”

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*