Manajemen
Menguatkan Pemahaman Konsep Need, Want dan Demand
Super Admin, 04-09-2017 10:07:59 - Rubrik
Agar kita tidak salah dalam melayani mereka dan tidak bisa membuat mereka puas dan loyal, maka entrpreneur harus kembali ke tiga konsep mendasar yang harus dipahami.

Konsumen adalah raja dan pasti setiap entrepeneur pernah mendengar konsep ini. Dimana-mana orang selalu menyatakan seperti itu yaitu bagaimana membuat konsumen bisa dilayani sehingga mereka puas dan loyal nantinya. Berbagai upaya dilakukan oleh entrepeneur. Yang penting, bagaimana nantinya setiap konsumen benar-benar puas dan tidak mau pindah kepesaing. Mereka akan melakukan repeat order, membeli produk yang lin serta melakukan rekomendasi produk yang dihasilkan oleh entrepeneur kepada keluarga, teman dan lain-lain.



Agar kita tidak salah dalam melayani mereka dan tidak bisa membuat mereka puas dan loyal, maka entrpreneur harus kembali ke tiga konsep mendasar yang harus dipahami. Konsep ini seerhana akan tetapi akan menentukan program yang akan diberikan kepada setiap konsumen tersebut. Jangan terjebak dengan ketidaktahuan akan konsep need, want dan demand dari setiap entrepeneur. Inilah dasarnya.



Setiap konsumen itu memiliki need atau kebutuhan yang bersifat mendasar dan ada disetiap diri manusia. Need itu sangat mendasar. Bisa kita lihat, kalau berdasarkan teorinya Maslow, basic need manusia itu adalah sandang, pangan dan papan. Ada tiga kebutuhan dasar manusia. Jadi, kalau berbisnis di fashion, kuliner dan property, tidak akan pernah habis. Namun demikian, saat ini juga semakin berkembang kebutuhan dasar orang yaitu berkomunikasi, kesehatan dan pendidikan.



Bagaimana dengan want? Konsep ini adalah keinginan manusia terhadap pemenuhan kebutuhan dasar tadi. Bedanya, kalau kebutuhan dasar itu sifatnya terbatas, kalau want, tidak terbatas. Ini sangat luas dan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor dalam diri dan juga luar dari konsumen itu sendiri yang disebut dengan consumer behavior atau perilaku konsumen.



Adapun konsep demand adalah daya beli konsumen atau keinginan konsumen yang didukung oleh daya beli mereka. Boleh saja keinginan begitu banyak dan tinggi, akan tetapi, lihat dulu uang yang ada sama mereka. Apakah mereka punya daya beli atau tidak. Sekarang, bagiamana dengan teman-teman entrepeneur? sudahkah mengetahui need, want dan demand konsumen masing-masing? Hal ini penting untuk menentukan bauran pemasaran dalam perusahaan teman-teman. Sukses buat kita hari ini ya.

Penulis:Tim STRABIZ MANAGEMENT CONSULTING
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*