Biografi Wirausaha
Kisah Inspiratif Rachmat Gobel
Super Admin, 13-07-2017 16:30:04 - Profil
Dalam karirnya Rachmat Gobel merupakan orang yang mampu total dalam menjalankan berbagai jabatannya.

Rachmat Gobel sudah sering terdengar di industry hiburan Tanah Air. Rachmat Gobel lahir di Jakarta 3 September 1962 dari pasangan Alm. Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel dan Almh. Annie Nento Gobel.



Keberhasilan dalam memimpin sebuah perusahaan membuat Rachmat Gobel banyak menginspirasi orang sehingga terbit berbagai buku biografi tentangnya. Rachmat Gobel adalah suami dari Retno Damayanti, dari pernikahannya Ia dikarunia dua orang anak Nurfitria Sekarwillis Kusumawardhani dan Mohammad Arif Gobel. Ia merupakan keturunan nomor dua dari silsilah keluarga Gobel.



Garis keturunan sebagai pengusaha ulung didapatkannya dari keluarga ini sehingga Ia mampu memimpin dan memajukan bisnisnya. Karakternya yang tidak pernah putus asa membuat Rachmat mampu berdiri ditengah keterpurukan ketika usahanya sempat mengalami krisis ekonomi. Namanya semakin ramai di perbincangkan setelah keberhasilannya mengeluarkan bisnis dari krisis ekonomi.



Prestasi yang Ia raih juga tidak hanya di bidang ekonomi. Terbukti pada bidang akademikpun kemampuannya tidak dapat disepelekan. Rachmat Gobel juga dikenal berkat bakat dalam menggeluti bidang olah raga pencak silat. Setelah menjadi menteri perdagangan, Rachmat Gobel memberikan kemampuan maksimal untuk menjalankan amanah tersebut.



Pengusaha cendekiawan ini merupakan salah seorang yang berpengaruh dalam kemajuan Indonesia. Melalui statmentnya yang mengatakan bahwa departemen perhubungan akan lebih baik bila dipimpin oleh departemen perindustrian, membuat pandangan yang berbeda tentang bidang ini. Menurut Rachmat Gobel, apabila kedua department tersebut digabungkan maka aka nada efek yang lebih jelas berupa kemajuan Indonesia bertumpu pada sektor otomotif.



Rachmat Gobel pernah menuntut ilmu di beberapa universitas seperti di Universitas Chuo, Tokyo, Jepang Ia mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Perdaganan Internasional (1987) serta gelar Doktor Kehormatan (2014). Kemudian Ia juga menimba ilmu di Universitas Takushoku Jepang dan mendapatkan gelar Doktor Kehormatan (2002). Terakhir Ia pernah mengikuti On-the-Job Training, Matsushita Electric Industrial Co., Ltd. Headquarters and Divisions, di Osaka Japan (1988/1989).



Dalam karirnya Rachmat Gobel merupakan orang yang mampu total dalam menjalankan berbagai jabatannya. Rachmat Gobel merupakan Direktur Utama di PT. Gobel International, Komisaris di PT. Panasonic Manufacturing Indonesia, Komisaris Utama pada PT. Panasonic Gobel Energy Indonesia, Komisaris Utama dari PT. Panasonic Gobel Eco Solutions Sales Indonesia, Wakil Ketua Umum, Koord. Bid. Infrastruktur Kamar Dagang dan Industri Indonesia dan Ketua Umum Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI). Tidak hanya beberapa jabatan diatas, Rachmat juga memiliki banyak jabatan lagi di berbagai bidang.



 

Penulis:Kuswandi Taufik H
Redaktur/Editor:Nana Salsabila
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*