Koperasi
35 Koperasi dan Kelompok Masyarakat Akan Terima 166.889,56 Ha Lahan Hutan
Super Admin, 04-04-2017 08:53:03 - Rubrik
Dia menjelaskan, penyerahan lahan merupakan program lanjutan tahun 2016 yang target distribusinya seluas 1,7 juta hektare.

Tahun ini, pemerintah akan menyerahkan izin pengelolaan hutan kemasyarakatan dan hutan tanaman rakyat kepada 135 koperasi sebagai bagian dari reforma agraria. Lahan seluas 166.889,56 hektare di 22 provinsi diserahkan untuk mengangkat perekonomian anggota koperasi atau kelompok masyarakat.



Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta berharap, lahan hutan produksi supaya dikelola menjadi perkebunan sebagai basis usaha dari kelompok masyarakat dan koperasi. Dengan pemanfaatan lahan untuk kegiatan produksi, anggota koperasi atau kelompok masyarakat akan memperoleh penghasilan tambahan secara otomatis.



"Potensi koperasi untuk memanfaatkan hutan kemasyarakatan ini besar sekali untuk tingkatkan kesejahteraan masyarakat. Ini bisa untuk mengurangi gap antara kaya dan miskin," kata Wayan saat konferensi pers di kantornya.



Lahan yang berlokasi di empat provinsi, yaitu Lampung, Riau, Sumatra Barat, dan Kalimantan Selatan, akan diserahkan secara simbolis kepada 35 koperasi atau kelompok masyarakat dengan kisaran luas lahan masing-masing sebesar 51.676 hektare. Sementara lahan yang tersisa akan diserahkan oleh pemerintah kepada koperasi atau kelompok masyarakat secara bertahap.



Dia menjelaskan, penyerahan lahan merupakan program lanjutan tahun 2016 yang target distribusinya seluas 1,7 juta hektare. Akan tetapi, realisasinya baru 20 persen atau sekitar 341.731,30 hektare terdistribusikan untuk kelompok masyarakat atau koperasi yang terdistribusikan.



Menurut Wayan, koperasi atau kelompok masyarakat di daerah mendapatkan lahan hutan dapat mengajukan permohonan ke Kementerian Koperasi dan UKM atau langsung ke Kementerian Kehutanan. Namun, pemohon harus melengkapi berkas dan legalitas koperasi atau kelompok masyarakat sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas pengelolaan lahan itu.



Dia memastikan distribusi lahan akan segera diserahkan oleh pemerintah dalam waktu dekat. "Harus mengusulkan atau ditembuskan ke kami (Kementerian Koperasi san UKM). Prosesnya tidak begitu susah asal kelengkapan dokumen ada. Lokasi (lahan) sudah ditetapkan, kelompok masyarakat atau koperasi perlu membawa peta luasan lahan yang diajukan," ujar Wayan.

Penulis:Kuswandi Taufik
Redaktur/Editor:Nana Salsabilla
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*