Business Today
SEPAKBOLA SEBAGAI INDUSTRI
Super Admin, 17-10-2015 11:25:47 - News Today
Piala Presiden 2015, temukan peluang meraih benefit tinggi dari ajang kali ini

Sepakbola dibeberapa negara tidak hanya sebatas olahraga semata, namun ia sudah dianggap sebagai budaya dari bangsanya. Sepertihalnya di Brazil dimana sepakbola sudah menjadi darah daging bagi negara yang terkenal akan pemasok pemain sepakbola besar. 



Nama nama besar sering bermunculan dari negara ini, seperti Pele, Ronaldo, Ronaldino, Cafu, Roberto Carlos, mereka merupakan pemain lawas yang namya masih dikenang meski sudah pensiun. Sedangkan pemain yang masih aktif bermunculan pemain hebar lainnya seperti Neymar, punggawa Barcelona FC yang merupakan salah satu club besar di dunia.



Sepertinya tidak akan ada habisnya jika membahas tentang sepakbola, selain sebagai olahraga dan hiburan sepakbola dirasajuga bisa dijadikan sebuah industri. Industri sepakbola bukan berarti sebuah industri yang menghasilkan bola sepak, tapi sebuah industri dimana didalamnya terdapat perkembangan sepakbola dari segi bisnis.



Tentu banyak sekali bisnis yang bisa dihasilkan dari sepakbola, dari mulai bisnis pelatihan usia dini, bisnis agency pemain, periklanan, hingga bisnis yang banyak pelakunya merupakan pengusaha UMKM adalah bisnis souvenir dan merchandise. Binsin ini tentu sangat banyak dijumpai jika sebuah pertandingan besar akan digelar.



Contohnya seperti yang terjadi di sepakbola lokal, saat pertandingan besar akan datang para UMKM banyak bermunculan menjual aneka merchandise dari klub yang akan bertanding. Apalgi jika pertandingan tersebut merupakan pertandingan final. 



MInggu 18 Oktober merupakan partai final Piala Presiden dimana mempertemukan PERSIB Bandung dengan Sriwijaya FC. Dua tim besar akan bertnading memperebutkan posisi tertinggi dalam kompetisi tersebut.



Atmosfer pertandingan sudah bisa dirasakan seminggu sebelum pertandingan, dimana para pendukung biasanya membutuhkan atribut untuk membela tim kesayangannya. Hal tersebut banyak dimanfaatkan oleh para pedagang musiman maupun pedagang  yang memang biasa menjual atribut sepakbola. 



Apalagi jika yang bertanding merupakan tim besar dimana banyak sponsor yang ingin menempelkan namanya di jersey tim tersebut. Tentu mereka akan sangat banyak mendapatkan benefit dari partai tersebut, dimana logo dari perusahaannya akan dikenakan oleh banyak orang dan dikenal lebih luas oleh masyarkat. 



Tentu hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh para pengusaha besar yang memiliki omzet miliaran rupiah perbulannya. Bagaimana dengan UMKM yang notabennya merupakan pengusaha yang omzetnya tidak sebesa itu. Tentu kita harus bisa memanfaatkan atmosfir sepakbola yang begitu besar disekitar kita, jika kita bukan penjual atribut sepakbola, kita bisa menggunakan atribut sepakbola sambil menjual produk kita.



Atau kita menyelenggarakan nonton bareng saat pertandingan dimulai, disana akan banyak benefit yang akan dirasakan oleh para entrepreneur yang masih memiliki omzet kecil. Bisa jadi buat sebuah acara nonton bareng yang besar, didanai oleh gabungan entrepreneur kecil, mereka bisa mengiklankan produk mereka kepada para pendukung setia klub. Tentunya produk kita akan lebih mengena kemasyarakat jika hal tersebut dikemas secara apik.



By the way sahabat SnB untuk pertandingan ini mendukung siapa nieh, kalau SnB sendiri sih mendukung PERSIB Bandung sebagai juara. Soalnya merka punya tim yang kuat dan solid serta ditaburi pemain berkelas yang memang menkutkan bagi setiap musuh musuhnya, disamping itu banyak para pendukung PERSIB yang gareulis atau cantik cantik. Bandung gitu lho, udah ah jangan ngawur sekarang mumpung masih ada waktu rencanakan nonton bareng sambil iklankan produk kalian, dijamin proudk kita akan semakin dikenal oleh masyarakat deh. Ayo tunggu apalagi 

Penulis:Adam Setia Nugraha
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*