Seputar Jawa Barat
PEMBANGUNAN INFRASTUKTUR, STRATEGI UTAMA JABAR DORONG PEREKONOMIAN
Super Admin, 17-10-2015 11:10:51 - News Today
Gubernur Jawa Barat beberapa pekan lalu saat peletakan batu pertama tol Seroja

BANDUNG- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, mendampingi kunjungan kerja DPR RI Komisi XI, dalam rangka pengawasan dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi terhadap sektor riil di Jawa Barat, di Kantor Perwakilan BI (Bank Indonesia), Jl. Braga No. 108, kota Bandung, Jum'at (16/10).



Pada sambutannya di kunjungan kerja tersebut, Wagub Deddy menyampaikan, bahwa pertumbuhan ekonomi pada Semester II 2015 akan membaik, didukung oleh konsistensi pemerintah dalam mendorong realisasi proyek-proyek infrastruktur.



"Strategi utama Jabar, pengembangan pusat pertumbuhan ekonomi baru, yakni mendorong partisipasi usaha pembangunan infrastruktur, " ungkap Wagub.



"Infrastruktur pilar utama pembangunan ekonomi Jabar, yang juga mendorong ekonomi kerakyatan. Semoga pembangunan dapat memberi kesejahteraan kepada mayarakat dengan keadilan," harap Deddy.



Menurut data Bank Indonesia, pertumbuhan ekonomi 2015 mencapai 4,7% - 5,1%, inflasi 4,0+- 1%, CAD (PDB) 2,5-3%. Sementara itu, prospek pertumbuhan ekonomi Jawa Barat di akhir tahun 2015 diperkirakan pada kisaran 4,8%-5,2%. Perkiraan tersebut lebih rendah dari proyeksi sebelumnya di kisaran 5,2%-5,6%.



Sementara kendala yang Wagub ungkapkan pada strategi yang dicanangkan tersebut diantaranya, belum efisien dan efektifnya birokrasi, masih rendahnya sarana pendukung pembangunan, regulasi berkaitan yang belum optimal.



"Maka untuk menjawab tantangan perekonomian tersebut, di tahun 2015 ini diperlukan upaya seperti, mendorong laju ekonomi kabupaten/kota, pengendalian jumlah penduduk, penyediaan lapangan kerja, regulasi perizinan yang pro-bisnis, peningkatan ekonomi kreatif, intensifikasi produksi, pengolahan hasil, peningkatan eksplorasi sumber energi alternative, peningkatan CSR sinergitas pembangunan, peningkatan daya saing kerja," papar Wagub.



Lalu pada triwulan III 2015, diperkirakan sektor industri pengolahan yang memiliki kontribusi 43% terhadap perekonomian Jawa Barat tumbuh kisaran 3,2%-3,6%. Sektor perdagangan besar dan eceran yang memiliki kontribusi 16% terhadap perekonomian Jawa Barat, diperkirakan tumbuh pada kisaran 4,1%-4,5%. Sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan yang memiliki kontribusi 9% terhadap perekonomian Jawa Barat diperkirakan tumbuh pada kisaran 1,6%-2,0%.



Hadir pada kunjungan kerja tersebut, perwakilan BI Pusat dan BI Jabar, Ketua dan anggota DPR RI Komisi XI, serta undangan lainnya.

Sumber:Humas Pemprov Jabar
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*