Rubrik Ceu Meta
BERSATU KITA TEGUH, BERCERAI YO WIS, BUBAR
Super Admin, 13-10-2015 11:28:53 - Rubrik
Komunitas pun jika bersama dapat memberi kekuatan lebih besar, misalnya jika berjalan sendiri produksi terbatas, maka saat bersama dapat memproduksi lebih besar.

Bisnis komunitas, sebagai bisnis yang dibangun kelompok, sangat dipengaruhi oleh kekompakkan kelompok. Ibarat lidi, yang jika digabung dan berada dalam satu ikatan dapat memberi beragam manfaat, mulai dijadikan sapu untuk halaman, pembersih temat tidur, menakut-nakuti binatang yang mengganggu, hingga mengganjal pintu. Komunitas pun jika bersama dapat memberi kekuatan lebih besar, misalnya jika berjalan sendiri produksi terbatas, maka saat bersama dapat memproduksi lebih besar. Atau jika sendiri beli produk bisa lebih mahal, jka membeli bersama dalam jumlah besar, maka harga beli bahan baku bisa lebih murah. Termasuk juga melakukan advokasi bagi perbaikan regulasi atau kebijakan yang memberi manfaat bagi pelalu usaha.



Membuat kompak kelompok, gampang-gampang susah, karena harus menyatukan kebutuhan semua anggota, yang pastinya berbeda. Nah, untuk membuat bisa bersama, maka perlu dicari hal yang dapat memberi manfaat bagi sesama anggota kelompok. Selain itu perlu dibuat aturan, yang dapat mengatur hal-hal yang berkaitan dengan anggota, sehingga anggota tidak merasa diperlakukan tidak adil, misalnya ada yang mendapat manfaat dan tidak.  Identitas bersama juga bisa menjadi pengikat untuk menjaga kekompakan kelompok. 



Tapi, seringkali komunitas itu ideal saat di awal, atau masih dalam fase honeymoon, pada fase ini semua bisa saling bertoleransi. Sampai kemudian ada masalah yang mulai muncul. Motif ekonomi seringkali jadi penyebab bubarnya suatu kelompok. Ketua yang tidak amanah, anggota yang tidak jujur, ada peluang yang menguntungkan salah satu fihak menjadi faktor-faktor penyebab.Di luar ekonomi, ada juga masalah yang dapat menjadi penyebab kelompok bermasalah, diantaranyakelompok dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi salah satu anggota, baik  politik, sara, maupun mencari popularitas.



Tulus, ikhlas,  dan komitment adalah kata kunci yang akan membuat komunitas menjadi kuat. Tulus berbuat untuk membesarkan komunitas tanpa embel-embel. Ikhlas, meluangkan waktu, tenaga hingga uang untuk membesarkan komunitas, serta komitment pada kesepakatan awal serta aturan main yang disepakati. Saat semua anggota memiliki frekwensi yang sama, maka manfaat akan dicapai. 



Saat ini, semua seringkali kita konversi pada materi, tapi kita lupa bahwa banyak hal yang kita peroleh. Teman, kebahagiaan, persahabatan, tawa yang mugkin sudah lama tidak didapat, doa tulus, ucapan selamat, rasa hormat, penghargaan dan pengakuan. Terkadang kita menghitung semua ongkos berkomunitas dengan sejumlah rupiah, tapi kita jarang menghitung hal-hal yang sudah diperoleh dengan rupiah juga. Kesabaran juga satu hal yang diuji dalam berkomunitas, umumnya yang sabar dapat memetik manfaat.



Percayalah, tak ada amarah yang dapat membuat pagi kita ceria. Tapi ucapan salam disertai senyum akan membuat hari-hari kita menjadi indah.Jika memang ada masalah di komunitas, maka perlu dilakukan analisis, apakah komnitas masih dapat dilanjutkan atau harus dibubarkan. Segera lakukan cek kesehatan komunitas. Alat ukurnya akan saya berikan pekan depan.



Semangat hari Selasa, semoga hari ini menjadi awal bagi kebahagiaan di hari-hari berukutnya. Tetap menjaga kekompakan, Insya Allah, tak ada amal yang tidak dapat balasan, tinggal menunggu saat bahagia itu tiba. 

Penulis:Ceu Meta
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*