Tokoh Dunia
Pemikiran Matt Mullenweg Yang Mendunia
Super Admin, 02-03-2017 15:57:16 - Profil
Ia pun dinobatkan sebagai 16 dari “50 Orang Terpenting di Dunia Internet” oleh PC World pada tahun 20 07. Dari daftar 50 orang tersebut, hanya Matt yang merupakan orang termuda (23 tahun)

Apakah anda pengguna WordPress? Apakah anda mengetahui sejarah mula WordPress. Nah, disini kami akan membuat sejarah ringkas dari terbentuknya WordPress. Maat yang saat itu masih berusia 18 tahun (tahun 2002) baru mulai menggunakan fasilitas blog yakni blo b2cafelog. Ia menggunakan blog b2 (bbpress.org) untuk mempublikasikan gambar-gambar selama liburan dan perjalanannya ke Washington D.C.



Tak disangka, beberapa bulan kemudian. Blog tempat Maat mempublikasikan gambarnya berhenti dalam mengembangkan softwarenya. Saat itulah dia berpikir harus melakukan sesuatu. Maka munculla pemikiran kreatif dari pembuat Wordpress pada Januari 2003 Matt Mullenweg mengumumkan melalui blognya bahwa dirinya akan mengembangkan blog b2 sehingga sesuai standar web pada saat itu. 



Bersama seorang temanya Mike Little mulai mengembangkan WordPress berbasis b2 ditambah Michel Valdrighi (mantan pengembang b2) mulai aktif mengembangkan WordPress sehingga lahirlah WordPress yang anda gunakan saat ini. Pada 27 Mei 2003, WordPress versi 0.70 dirilis. Versi 0.7 ini masih mengandung struktur file yang sama dengan pendahulunya, b2cafelog.



Pada tahun 2003, Matt tidak pernah berhenti untuk mengembangkan WordPressnya. Matt bersama rekannya mendirikan GMPG yatu format yang lebih komplekas dari HTML. Setahun kemudia mereka meluncurkan fasilitas Ping-oMatic berguna mengirim ping notifikasi kepada search engine blog seperti kepunyaan Technorati.



Ternyata dalam perjalanan hidupnya sebagai pengembang WordPress bernasib buruk. Matt drop-out aka DO dan pindah dri Houston ke San Fransisco (California) untuk bekerja pada CNET selama setahun. Di CNET pun tidak bertahan lama. Pada saat Matt menginjak umur 21 tahun telah pensiun muda dari perusahaan CNET dan memutuskan menghabiskan waktunya berkarya membesarkan WordPress. Selang beberapa lama waktunya , Matt memutuskan WordPress membuka bagi kalangan umum diseluruh dunia pada November 2005, dan pada tahun yang sama mereka juga meluncurkan Automattic yang menjadi perusahaan bisnis mendukung Wordpress dan Akismet. 



Daya pikir inovatif serta pantang menyerah pada diri seorang Matthew telah membawa dirinya sebagai jutawan muda. Di usia 25 tahun, Matthew Mullenweg telah berhasil menjadi miliader muda dengan kekayaan tidak kurang USD 40 juta (Rp 400 miliar).



Ia pun dinobatkan sebagai 16 dari “50 Orang Terpenting di Dunia Internet” oleh PC World pada tahun 20 07. Dari daftar 50 orang tersebut, hanya Matt yang merupakan orang termuda (23 tahun)



Pada umur 22 tahun, Matt pun mampu merekrut mantan CEO Oddpost dan Senior Manager Yahoo!, Tony Schneider sebagai CEO Automattic. Jiwa entrepreneur dan kematangan Matt dalam mengembangkan WordPress dan Akismet telah menghantarkan usahanya masuk ke bisnis profesional. Pada tahun 2006 (22 tahun) dan dalam kurung waktu 2 tahun berhasil meraup USD 1.1 juta pada April 2006 dibawah kepemimpinan Tony Schneider. 



Dengan fasilitas yang unik, cepat dan menarik, WordPress berhasil ‘memikat’ jutaan pengguna. Dengan tambahan ribuan blogger serta ratusan ribu posting terbaru tiap harinya, WordPress berhasil masuk ke dalam 30 situs teraktif di dunia.

Penulis:Kuswandi Taufik
Redaktur/Editor:Nana Salsabilla
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*