Rubrik Kang Kunto
AYOOO, KAPAN MULAINYA
Super Admin, 29-09-2015 13:55:44 - Rubrik
andai perusahaanku maju aku akan membuat karyawan-karyawan sejahtera, Maka dari itu harus di mulai dari sekarang

“Andai aku mendapat reward aku akan bekerja lebih giat dan kreatif” “kalau aku menpunyai uang lebih aku akan membangun bisnis yang selama ini aku impikan” “andai perusahaanku maju aku akan membuat karyawan-karyawan sejahtera”.... 



Dalam berbagai situasi beberapa kalimat tersebut kadang terngiang di benak kita sebagai entrepreneur atau karyawan di suatu perusahaan, ketika pemikiran itu muncul bisa jadi itu merupakan impian kita bila menjadi sesuatu. 



Mungkin impian itu bisa menjadi rencana kita, namun rencana yang belum tentu dapat terealisasi. Kita dapat berhenti berandai-andai dan mengerjakan rencana kita tanpa harus menunggu sesuatu, mengapa kita tidak mulai bekerja lebih giat, menuangkan ide-ide brilian, dan membuat karyawan kita sejahtera tanpa harus menunggu mimpi kita terwujud.



Kita sebagai entrepreneur dan karyawan terkadang hidup dalam perencanaan yang kompleks dan rumit sehingga kita sendiri sulit untuk merealisasikannya, kita membuat perencanaan secara ideal dan normatif serta lengkap, tetapi pada saat akan melaksanakannya kita bingung harus memulai dari mana. Hal ini mungkin bisa saja disebabkan perencanaan yang ideal tersebut tidak sesuai dengan profil dan size bisnis kita karena berkaca pada bisnis lain yang sejenis.



Ada beberapa hal yang dapat kita pertimbangkan dalam menyusun perencanaan bisnis kita, salah satunya adalah pengukuran awal terhadap profil dan size bisnis kita, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan kita dalam menyusun perencanaan agar mudah diimplementasikan. Setelah kita melakukan pengukuran ke dalam perusahaan kita, lanjutkan dengan melakukan riset pasar agar kita bisa memperkirakan kekuatan penyerapan pasar atas produk kita. Selain itu juga di pasar kita dapat mengukur kekuatan pesaing dan posisi kita atas pesaing kita, hal ini akan memudahkan dalam menyusun strategi memenangkan persaingan.



Selanjutnya buat tim kecil untuk mewujudkan rencana kita, upayakan tim kita mampu mengimplementasikan strategi yang kita buat malah akan lebih baik apabila tim kita dapat dengan mudah mengaplikasikan strategi tersebut langsung di lapangan, memetakan pasar sesuai strategi kita, melakukan penetrasi sesuai dengan kemampuan yang kita miliki, seoptimal mungkin adalah sebuah keharusan namun memaksakan diri tidak diperbolehkan agar kita bisa melakukan secara tepat dan akurat.



Keberanian dan kepercayaan diri yang kuat sangat diperlukan untuk melakukan penetrasi ini karena jika kita melakukannya dengan setengah hati maka hasilnya tidak akan memuaskan bahkan akan cenderung gagal, mental ini tumbuh dari perencanaan yang matang di setiap aspek bisnisnya. Dan pada saat fase ini diperlukan juga konsistensi kita untuk melaksanakan semua yang sudah kita susun sejak awal dan melakukan improvisasi yang diperlukan sesuai dengan dinamika pasar dan persaingan yang kita hadapi.



Semua hal diatas merupakan hal yang mutlak harus kita lakukan dalam memulai suatu bisnis, namun diatas hal-hal tersebut ada satu persyaratan lagi yang mutlak harus kita miliki yaitu mental yang kuat, ulet, dan tahan banting. Mental yang kuat ini ditempa oleh kesadaran bahwa seyogyanya bisnis yang kita lakukan adalah merupakan bentuk ikhtiar kita terhadap Allah SWT, dengan dasar bahwa segala yang kita lakukan merupakan ketentuan-Nya yang tidak bisa kita lawan. Kita menyadari pula persaingan yang ada merupakan cara Allah SWT memberikan kita pelajaran hidup bahwa hidup ini dinamis, kebahagiaan dan hasil yang kita peroleh merupakan buah dari ikhtiar dan doa kita

Penulis:Kang Kunto
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*