BISNIS ADALAH TRUST
Super Admin, 07-08-2015 22:15:58 - Strategi
Ilustrasi

Kemaren malam, bertemu dengan seorang entrepreneur yang sudah lama sekali tidak ke Bandung. Pertemuan itu bisa disebut sebagai sebuah kesempatan untuk berbagi cerita dan pengalaman yang sudah terjadi selama ini. saking banyak hal yang dibahas, tidak terasa, bahasan mulai dari bisnis sampai dengan urusan yang berhubungan dengan bagaimana pendidikan anak-anak nya yang kebetulan kemaren juga baru selesai sidang skripsi.



Hmmmm… benar-benar tidak menyangka bahasan yang begitu luasnya sehingga membuat pembicaraan selama tiga jam tidak terasa. Rupanya sudah tengah malam saja pertemuan tersebut. semuanya benar-benar terasa tidak disangka bagaimana kekuatan dari sebuah hubungan baik dalam bisnis yang meluas kemana-mana. Namun demikian, dampaknya luar biasa untuk setiap bisnis yang dijalankan masing-masing.



Kalau dilihat dari aspek bisnis, jelas tampak bagaimana seorang entrepreneur benar-benar perlu  memahami konsep dasar sebuah bisnis yang harus dilihat secara mendalam yaitu trust atau kepercayaan. Mungkin bagi sebagian orang trust itu adalah sebagai sesuatu yang biasa saja sehingga perlakuannya kepada trust itu juga terkesan biasa-biasa saja. Tidak ada yang istimewa dalam melihat dan menjaga trust kepada masyarkat atau stakeholders



Padahal, trust tersebut merupakan asset yang luar biasa dalam berbisnis saat ini. asset yang harus dijaga dan terus dikembangkan untuk membuat setiap entrepreneur mampu melihat secara jernih apa hakekat bisnis mereka dan juga bagaimana bisnis itu seharusnya dijalankan dan dikembangkan. Tidak bisa dilepaskan dari trust atau kepercayaan dari stakeholder. Mereka tidak akan meihat bagaimana bisnis entrepreneur akan tetapi sejauh mana entrepreneur bisa memberikan trust kepada mereka.



Hal inilah yang terasa tadi malam. Trust sudah mampu membuat bapak yang notabene pengusaha besar dari Kalimantan mau bertemu dan membahas berbagai hal yang berhubungan dengan bisnis dan membuatnya untuk terus berbicara berbagai hal tentang bisnis dan juga bahkan sampai urusan keluarganya.



Oleh karena itu, entrepreneur perlu memiliki mindset yang tepat bagaimana peranan trust dalam konteks bisnisnya. Trust itu adalah asset yang paling utama dalam bisnis. Kedua, entrepreneur perlu memahami bagaiman membangun trust ditengah banyaknya entrepreneur yang kurang peduli kepada trust. Bangunlah trust dengan mulai dari kata-kata, sikap dan tindakang  yang harus konsisten sejak awal. Jangan pernah ada perbedaaan antara ucapan, sikap dan tindakan. Kalau sudah bilang iya, tetaplah iya dalam sikap dan tindakan.



Ketiga, teruslah menjaga trust. Ingat, yang dirasakan saat ini, setiap entrepreneur benar-benar memegang ucapan setiap entrepreneur. jagalah trust dari setiap entrepreneur agar terus bisa melekat dibenak mereka bahwa entrepreneur itu tidak main-main dengan ucapan dan tindakan yang sudah dilakukannya. Hal ini penting untuk membuat entrepreneur selalu positif dimata stakeholder yang pastinya menuntut untuk selalu bisa dipercaya.



Keempat, teruslah bangun komunikasi yang positif dengan stakeholder sehingga mereka memahami siapa entrepreneur dan bagaimana nilai-nilai yang berhubungan dengan bisnis sehingga akan selalu dipersepsikan positif di benak stakeholder.



Inilah yang perlu menjadi perhatian setiap entrepreneur ketika bisnis saat ini sangat berubah dan kunci suksesnya adalah bagaimana bisa membuat trust dan menjaganya  serta mengkomunikasikan sehingga trust dibenak mereka akan selalu berkembang. Inilah asset yang bisa dimanfaatkan seperti pertemuan dengan bapak tadi malam. Bagaimana dengan anda? Hmmmm….

Reporter:Meriza Hendri
Redaktur/Editor:Adam Setia Nugraha
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*