Strategi
OPTIMASI IT UNTUK BISNIS
Super Admin, 07-08-2015 22:08:32 - Strategi
Dengan IT, entrepreneur akan terbantu dalam menjalankan bisnis dan akan bisa memiliki daya saing yang tinggi dibandingkan pelaku bisnis lainnya. (Ilustrasi: Istimewa)

Semakin jauh perjalanan memberikan sharing kepada pelaku bisnis dan juga menjalankan serta mengembangkan bisnis, semakin terasa bahwa bisnis yang dijalankan oleh entrepreneur saat ini kurang memanfaatkan IT atau information technology dalam menunjang proses bisnis yang ada di masing-masing perusahaan. Proses bisnis menjadi kunci untuk mencapai kesuksesan dalam diri entrepreneur dan bisa mencapai competitive advantage.

Para entrepreneur saat ini lebih banyak menggunakan cara konvensional dan jauh dari IT dalam proses bisnis mereka. Cara tradisional yang sejatinya akan berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas melalui total revenue dan total cost yang harus dikeluarkan oleh setiap entrpeneur dalam menjalankan bisnis. Proses manual ini akan cenderung tidak optimal di total revenue dan juga total cost sehingga total profit juga tidak akan optimal.

Bagaimana dengan Anda? Sebagai seorang entrepreneur, tentu tujuan bisnis yang sudah ditetapkan berupa profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari konteks bisnis setiap entrepreneur dan untuk mencapainya, competitive advantage perlu dimiliki agar bisa mengalahkan pesaing dalam berbisnis. Ingat, pesaing sudah semakin tinggi dalam hal kompetitifnya.

IT itu digunakan untuk membantu setiap entrepreneur dalam mengelola proses bisnis mulai dari supplier, input, process, output sampai kepada konsumen yang dimana, besarnya biaya sangat terasa ketika mereka melakukan analisis tingkat profitabilitas. Dengan IT, entrepreneur akan terbantu dalam menjalankan bisnis tersebut dan akan bisa memiliki daya saing yang tinggi dibandingkan pelaku bisnis lainnya.

IT ini berupa software yang sudah banyak di dalam industry tersebut. banyak pilihan yang bisa digunakan akant tetapi setiap entrepreneur harus mulai memikirkan dari mana mereka bisa menggambarkan model bisnis dengan baik. Model bisnis yang juga berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia dalam perusahaan mereka. Tidak bisa dilepaskan bagaimana mereka akan membuat keputusan kalau informasinya terpisah-pisah.

Di sinilah pentingnya entrepreneur menggunakan software untuk bisnis dan menyesuaikan bisnis nya dengan menggunakan IT. Sudah saatnya entrepreneur membuka pikiran dan memanfaatkan IT dalam proses bisnis. Software seperti SAP, Oracle ataupun yang dibuat khusus sesuai karakteristik masing-masing perusahaan yang seringkali disebut dengan tailormade.

Entrepreneur bisa memilih software mana yang akan mereka gunakan dan pastinya harus bisa dimanfaatkan dengan baik dalam setiap aktivitas bisnis yang menuntut entrepreneur untuk bisa mencapai keunggulan bersaing. Sekarang sudah saatnya entrepreneur mulai menggunakan software dalam bisnis. Bagaimana dengan Anda? Hmmm

Penulis:Meriza Hendri
Redaktur/Editor:SDS
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*