Strategi
HUMAS DAN CSR
Super Admin, 07-08-2015 22:00:56 - Strategi
Program CSR memiliki news value yang tinggi kalau bisa dikemas dengan baik kepada stakeholder. (Ilustrasi: huffingtonpost)

Salah satu departemen yang diharapkan bisa berperan secara efektif dan efisien dalam membuat nilai atau value program CSR yang dijalankan oleh manajemen bagi perusahaan adalah bidang humas. Kenapa demikian? Kok humas harus berperan penting dalam program CSR tersebut? Kan cukup dijalankan oleh departemen yang bertanggung jawab terhadap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi atas program tersebut.

Tidak demikian halnya kalau dilihat secara lebih mendalam program CSR yang seharusnya dijalankan oleh setiap entrepreneur bagi masyarakat dan juga lingkungan alam dimana perusahaan para entrepreneur beroperasi. Program ini memang diarahkan untuk stakeholder perusahaan.

Akan tetapi, program-program tersebut masih terkesan sebagai program filantropi yang lebih menekankan kepada aspek "bagi-bagi rejeki" dan bukannya sebagai bagian dari program stratejik perusahaan. Program CSR harusnya memberikan value bagi entrepreneur yang mengadakan program tersebut. Hal ini perlu menjadi pertimbangan dan bagian dari strategi perusahaan baik saat ini maupun jangka panjang.

Komunikasikan program CSR sebagai bagian dari program CSR itu sendiri adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap entrepreneur. Akan tetapi, jelas itu bukanlah tugas utama seorang entrepreneur karena ada tanggungjawa lainnya yaitu bagiamana meningkatkan profit, people, planet, sustainability serta menumbuhkembangkan bisnis. Oleh karena itu, diperlukan keterlibatan divisi atau departemen Hubungan Masyarakat (Humas) untuk menjalankan program ini.

Divisi humas memang bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan program-program yang ada diperusahaan kepada stakeholder internal dan juga eksternal dari perusahaan itu sendiri. Termasuk juga program CSR ini karena penting untuk diketahui oleh karyawan perusahaan yang memang menjadi internal stakeholder perusahaan.

Divisi humas akan memanfaatkan program CSR sebagai salah satu message yang digunakan dalam komunikasi. Tentu setiap entrepreneur paham akan beberapa hal yang menjadi key success factor mereka dalam menjalankan komunikasi kepada stakeholder yang merupakan receiver dalam komunikasi tersebut.

Ada mean, message, media, man dan money yang harus diperhatikan oleh setiap divisi humas dalam perusahaan. Konsep message ini penting untuk dipahami karena akan berhubungan dengan apa yang disampaikan atau dikomunikasikan. News value menjadi pertimbangan dalam setiap program komunikasi yang harus diperhatikan oleh humas.

Program CSR memiliki news value yang tinggi kalau bisa dikemas dengan baik kepada stakeholder. Berdasarkan pengamatan di beberapa perusahaan, seringkali humas kurang memanfaatkan program CSR sebagai message mereka. Padahal, stakeholder sangat concern dengan news tentang program CSR itu sendiri.

Oleh karena itu, memang diperlukan pengetahuan, keterampilan dan attitude yang tepat bagi setiap entrepreneur tentang program CSR yang dijalankan oleh setiap entrepreneur. Humas lebih bisa mengemas informasi tentang CSR dengan efektif dan efisien serta sampai kepada stakeholder dengan baik. Bagi entrepreneur, perlu bertanya kepada tim humasnya, sejauh mana mereka mengetahui, memahami dan menghayati program CSR perusahaan itu sendiri?

Penulis:Meriza Hendri
Redaktur/Editor:SDS
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*